Monday, June 20, 2016

6 Menu yang disediakan di angkringan/hik


Rekan-rekan enemers yang sudah pernah ke daerah Solo dan Yogyakarta pasti tidak asing lagi dengan gelaran angkringan atau hik. Tempat yang pas untuk mengisi perut sembari bercengkerama dengan sesama pengunjung ataupun dengan penjualnya, dan tentunya tidak menguras kantong (bagi yang bisa menahan diri tidak mengambil bermacam suguhan hehehe). Nah, tulisan berikut enemkabeh siapkan bagi pembaca yang belum tahu apa saja menu angkringan. Selamat menikmati.

1.         Sego Kucing

Ini adalah menu wajib di setiap angkringan, berbentuk bungkusan berisi nasi dan lauk dalam porsi cukup. Pada awalnya, harganya hanya 1000 saja, tapi saat ini harganya mulai naik. Terdapat pula angkringan yang menjual sego kucing dalam porsi lebih besar, biasanya diberi nama sego macan atau sego singo.

Lauk dari sego kucing ini beragam, mulai dari sambel welut, sambel teri, terik tempe, sego goreng telur, sambel ati, rames sampai bakmi. Maknyusss.

2.         Gorengan

Menu wajib berikutnya adalah gorengan sebagai pelengkap nasi kucing. Biasanya tiap angkringan menyediakan gorengan yang dimakan bersama cabe berupa mendoan (tempe selimut) dan tahu susur (tahu isi sayuran). Sedangkan jenis gorengan lainnya yang sering turut dijual adalah bakwan (gorengan isi sayuran, biasanya toge, wortel atau bayam), pisang goreng, singkong goreng, tape goreng, lumpia dan lainnya.

3.         Aneka Sate

Sate merupakan lauk yang jamak ada di angkringan, berupa potongan makanan yang ditusuk. Jenisnya sangat beragam, terkadang bahkan sate yang sangat jarang kita jumpai di warung makan biasa. Sate yang dijual antara lain: sate ayam, sate ati-ampela, sate usus, sate telur puyuh, sate kerang, sate kicik, sate bekicot, sate bakso dan lainnya. Nyammm....

4.         Baceman

Baceman adalah makanan yang dimasak dalam tempo yang lama sehingga bumbunya bisa masuk sampai ke dalam. Rasa utamanya manis, dan terkadang ada rasa dari bumbu lainnya. Baceman yang sering dijual adalah bacem tempe, tahu, kepala ayam, sayap ayam, ati-ampela, tempe koro, sampai terkadang tempe benguk.


5.         Makanan Ringan

Sambil bercengkerama, seringkali pengunjung angkringan menyantap makanan ringan. Di angkringan, snack yang disediakan sangat beragam, mulai dari makanan bermerek sampai buatan sendiri. Diantaranya adalah kerupuk bundar, kacang bawang, kacang telor, kacang atom, kerupuk puli, kerupuk udang dan lainnya.

6.         Aneka Wedang

Untuk menemani makanan yang disediakan, angkringan juga menyediakan aneka wedang (minuman hangat). Wedang yang jamak ada adalah teh nasgithel (panas-legi-kenthel), kopi hitam, jahe emprit (pedasnya nyoooiii), bajigur, wedang uwuh, sampai aneka wedang instan.



Demikian enemers, ke-enam menu makanan di angkringan, semoga bermanfaat J

Referensi:
Pengalaman pribadi

1 comment: